PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA DUA TINGKAT UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA MATERI HIDROKARBON DI SMA 10 NEGERI PONTIANAK

Deska Dewati, ms (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA DUA TINGKAT UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA MATERI HIDROKARBON DI SMA 10 NEGERI PONTIANAK. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (156kB)

Abstract

Pada umumnya bentuk evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa adalah bentuk evaluasi dengan pilihan ganda dan esai, tetapi evaluasi ini masih saja memiliki kelemahan yakni salah satunya kemungkinan besar siswa tidak mengetahui pilihan jawaban yang tepat dan memiliki reliabilitas yang renda. Dari kelemahan tersebut peneliti ingin menghasilkan instrumen penilaian tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan jumlah sampel 21 orang untuk uji coba awal dan 118 pada uji coba utama. Penelitian ini terdiri atas 7 tahap yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk pendahuluan, (4) Uji coba awal, (5) Revisi terhadap produk utama, (6) Uji coba lapangan, dan (7) Revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat layak digunakan.Hasil tes yang diperoleh dari 118 siswa ketika menggunakan tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat memperlihatkan nilai kevalidan Vainstrumen 3.97, nilai keefektifan sebesar 85,57% dan nilai kepraktisan sebesar 78.80%. Hasil tes yang diperoleh, sebelum dan sesudah menggunakan tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat menunjukkan bahwa ada peningkatan pada hasil belajar siswa sebesar 59,3%. Dengan demikian tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat dapat mengukur dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, PilihanGandaDua Tingkat, TesDiagnostik pilihan ganda dua tingkat.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:12
Last Modified: 19 Jun 2017 03:12
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item