Deskripsi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Ditinjau dari Gaya Belajar Model VARK di Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Pontianak.

SAMSURI, 111620284 (2016) Deskripsi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Ditinjau dari Gaya Belajar Model VARK di Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
9 ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang secara umum bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pontianak pada mata pelajaran kimia ditinjau dari gaya belajar model VARK (Visual, Aural, Read-Write dan Kinesthetic). Siswa SMA Negeri 1 Pontianak memiliki hasil belajar yang bervariasi serta cara dan gaya belajar yang berbeda- beda . Gaya belajar tersebut penting diketahui baik bagi guru maupun siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pontianak. Pengetahuan tentang gaya belajarnya dapat memberdayakan untuk mengidentifikasi dan menggunakan cara belajar terbaik sesuai gaya belajar siswa masing-masing sehingga menghasilkan kepuasan pemahaman materi yang lebih baik dan efektif. Alat instrumen penelitian ini adalah angket gaya belajar, lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh informasi bahwa kecenderungan gaya belajar siswa didominasi oleh gaya belajar kinestetic untuk gaya belajar unimodal yaitu 39,40% dan gaya belajar V-A-R-K untuk gaya belajar multimodal sebanyak 21,20%. Pada gaya belajar read/write terdapat kesesuaian antara cara belajar dan gaya belajar siswa, namun, hasil belajar siswa pada gaya belajar read/write paling rendah dibanding dengan tipe gaya belajar yang lain yaitu 63,00. Siswa dengan gaya belajar V-A-R-K memiliki hasil belajar yang paling tinggi yaitu 76,84. Hal ini dikarenakan siswa fleksibel terhadap cara belajar dan dengan mudah beralih dari satu tipe ke tipe lainnya tergantung kondisi pembelajaran yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar model VARK, multimodal, unimodal, mata pelajaran kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:05
Last Modified: 19 Jun 2017 03:05
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item