PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN RETENSI SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN KELAS XII IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

RATNA, mrs (2016) PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN RETENSI SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN KELAS XII IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9.Abstrak.pdf

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan retensi siswa dikarenakan siswa sulit mempelajari kimia dalam hal memahami konsep dasar materi kimia, mereaksikan unsur-unsur, dan penggunaan rumus-rumus kimia sehingga hasil belajar siswa kelas XII IPA di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak pada mata pelajaran kimia rendah, khususnya pada materi sifat koligatif larutan dengan nilai ketuntasan siswa sebesar 41,93%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar retensi siswa yang diberikan pembelajaran pendekatan inkuiri pada materi sifat koligatif larutan dan pengaruh pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terhadap kemampuan retensi siswa pada materi sifat koligatif larutan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-Experimental Designs. Populasi dan sampel ialah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 2 Pontianak, pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian, angket, lembar observasi dan wawancara. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen posttest, retest dengan nilai kevalidan sebesar 1,0 dan instrumen angket, lembar observasi, wawancara menunjukkan layak digunakan. Uji coba soal posttest dan retest reliabilitas dengan koefisien sebesar 0,73 dan 0,66. Hasil analisis kemampuan retensi menunjukkan bahwa terdapat retensi (daya ingat) sebesar 99,35%. Hasil perhitungan effect size kemampuan retensi sebesar 1,17 (37,90%). Selanjutnya, respon 35 siswa kelas XII IPA terhadap pembelajaran dengan pendekatan inkuiri diperoleh sebesar 97,14% yaitu sangat baik artinya pembelajaran dengan pendekatan inkuiri memberi pengaruh tinggi terhadap kemampuan retensi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kemampuan retensi, pendekatan inkuiri, sifat koligatif larutan
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 02:52
Last Modified: 19 Jun 2017 02:52
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item