Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA MAN 1 Pontianak.

PUSPA SARI (111620630), MS (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA MAN 1 Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan disebabkan oleh kurangnya pemahaman kosep dasar siswa, sehingga diperlukan strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa MAN 1 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan question box dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan question box, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan question box. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Control Pretest Posttest Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, observasi dan komunikasi langsung (wawancara). Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 73,8 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 62,97. Hasil analisis statistik uji U-Mann whitney dengan α sebesar 5% diperoleh nilai 0,00 yaitu lebih kecil dari nilai α (0,00 <0,05). Artinya terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil perhitungan menggunakan effect size menunjukkan nilai ES sebesar 0,91 termasuk katergori tinggi, artinya model kooperatif tipe TGT berbantuan question box memberikan pengaruh yang tinggi terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31,86%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, TGT, Question box
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 02:46
Last Modified: 19 Jun 2017 02:46
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item