Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Rawat Inap Rs. Santo Antonius di Pontianak

Mutia, Ms (2016) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Rawat Inap Rs. Santo Antonius di Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
BAB I.odt

Download (12kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini didasari oleh kebutuhan oleh para konsumen di bidang kesehatan, dan semakin meningkatnya kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh pihak Rumah Sakit karena semakin sibuknya manusia dalam menghadapi pekerjaan sehingga kesehatan tidak tidak diperhatikan. Dalam menghadapi persaingan jasa pelayanan kesehatan antar Rumah Sakit yang ada baik yang didalam negeri maupun yang di luar negeri karena letak geografis Kal – Bar yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia, mendorong penulis mengangkat Judul dalam penelitian ini adalah Studi Komparatif Jasa Pelayanan Rawat Inap RS. Santo Antonius Pontianak. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu sejauh mana mutu pelayanan rawat inap yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit. Santo Antonius Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu dan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien oleh pihak Rumah Sakit Santo Antonius Pontianak. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa rata-rata nilai kepuasan konsumen terhadap Rumah Sakit Santo Antonius Pontianak adalah 4,25 dan rata-rata nilai Kepentingan konsumen adalah 3,93 hasil ini menunjukan bahwa konsumen merasa puas terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Santo Antonius Pontianak. Dari penelitian bahwa Kebersihan lingkungan RS ST antonius dengan tingkat kesesuaian sebesar 4,29% , sehingga perlu dipertahankan oleh pihak rumah sakit tersebut, sedangkan urutan paling akhir adalah kebersihan peralatan medis dengan tingkat kesesuaian 3,56%. Faktor-faktor yang termasuk dalam kuandran A adalah keramahan perawat dalam melayani pasien, kemampuan dokter untuk cepat tanggap mengatasi keluhan pasien, kecepatan dalam memberikan obat tepat waktu bagi rawat inap, kelangkapan obat yang tersedia diapotik RS ST antonius, kesabaran RS. Antonius dalam memberikan layanan serta keamanan dan kerapian tempat parkir kendaraan, Faktor-faktor yang termasuk dalam kuadran B adalah kebersihan lingkungan RS ST antonius, kemampuan para dokter dalam mendiagnosis penyakit, Pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan pasien, obat yang diberikan sesuai dengan penyakit, kecepatan dalam merawat terhadap penyakit pasien, Faktor-faktor yang termasuk dalam kuadran C adalah waktu anda menunggu sebelum mendapat pelayanan dari bagian penerimaan, sikap para perawat dalam memberikan bantuan kepada Pasien, nama baik RS ST. antonius, kebersihan dan kerapian setiap ruangan, fasilitas kamar mandi, kebersihan dalam penyajian hidangan serta makanan yg sehat.Faktor-faktor yang termasuk dalam kuadran D adalah Perhatian khusus dari dokter kepada setiap pasien, Perhatian khusus dari perawat kepada setiap pasien, Pelayanan yang adil kepada semua pasien tanpa memperhatikan status sosial, kebersihan lingkungan RS ST antonius, Kebersihan dan kerapian setiap ruangan, Kebersihan Peralatan medis, Fasilitas tempat tidur, Fasilitas kamar mandi, Ruang tunggu yang memadai bagi keluarga pasien menginap, kebersihan dalam penyajian hidangan serta makanan yg sehat, Keamanan dan kerapian tempat parkir kendaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 01:54
Last Modified: 19 Jun 2017 01:54
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item