PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SERASAN KABUPATEN NATUNA

PUTRA., ANDES and Kurniawan, Arif Didik and MULDAYANTI, NURI DEWI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SERASAN KABUPATEN NATUNA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
Andes Putra_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola pembelajaran yang berbasis pada guru (teacher centered) menjadikan informasi yang didapat oleh siswa sebatas apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Serasan Kabupaten Natuna pada matapelajaran Biologi menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas hasil belajar pada materi jaringan tumbuhan kelas XI IPA SMAN 1 Serasan Kab. Natuna melalui pengimplementasian model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengukuran. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan memberchek. Analisa data menggunakan perhitungan presentase nilai klasikal dengan indikator keberhasilan 70% untuk hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I pencapaian nilai klasikal hasil belajar siswa sebesar 63,33% (19 siswa), pada siklus II pencapaian hasil belajar meningkat menjadi 80% (24 siswa). Hasil penelitian siklus I pencapaian hasil aktivitas belajar siswa sebesar 46,67% (14 siswa), pada siklus II pencapaian aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 76,66% (23 siswa). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan kelas XI IPA SMAN 1 Serasan Kab. Natuna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, aktivitas, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 17 Jun 2017 04:15
Last Modified: 17 Jun 2017 04:15
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item