Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Di MTs. Raudlatul Firdaus Kubu Raya

AHMAD HAMIM, 101630321 and MULDAYANTI, NURI DEWI and QURBANIAH, MAHWAR (2015) Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Di MTs. Raudlatul Firdaus Kubu Raya. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img] Text
AHMAD HANIM.pdf

Download (403kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII MTs. Raudlatul Firdaus Kubu Raya ditemukan masih terdapat hasil belajar yang belum mencapai KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah tersebut yaitu 75. Salah satu mata pelajaran yang belum mencapai ketuntasan adalah mata pelajaran IPA. Salah satu mata pelajaran IPA adalah biologi khususnya materi sistem pencernaan pada manusia. Materi sistem pencernaan pada manusia di nilai sulit oleh siswa karena, terdapat bahasa latin dari penyebutan nama organ pencernaan dan terdapat banyak konsep yang harus dipahami siswa, seperti proses pencernaan terjadi dan cara kerja masing-masing organ pencernaan didalam tubuh manusia. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa kelas VIII di MTs. Raudltul Firdaus Kubu Raya dengan menerapkan model Group Investigation (GI) dengan model konvensional pada materi sistem pencernaan pada manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji Normalitas Kolmogorov Smirnov 0.035 < 0.05, U Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05. Hasil perhitungan effect size (ES) diperoleh nilai effect size (ES) 0.945 (tergolong sedang) dan memberikan pengaruh sebesar 51,6 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan model Group Investigation (GI) dibandingkan dengan model Konvensional dan memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa menjadi meningkat setelah penerapn model Group Investigation (GI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation (GI), hasil belajar siswa, sistem pencernaan pada manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 17 Jun 2017 03:58
Last Modified: 17 Jun 2017 03:58
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item