Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode PQ4R Menggunakan Media Booklet Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI IPA MA Syarif Hidayatullah Pontianak

AHARDIANI, 101630560 (2015) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode PQ4R Menggunakan Media Booklet Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI IPA MA Syarif Hidayatullah Pontianak. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ahardiani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta di lapangan yang menunjukan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA masih rendah. Salah satu materi yang belum mencapai KKM adalah materi sistem gerak manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan metode PQ4R menggunakan media booklet di MA Syarif Hidayatullah Pontianak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPA MA Syarif Hidayatullah Pontianak tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 32 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, pengukuran (tes), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 46,87% meningkatkan menjadi 90,32% pada siklus II, dan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,87% siklus II menjadi 93,55%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode PQ4R menggunakan media booklet dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di MA Syarif Hidayatullah Pontianak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode PQ4R, booklet, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, sistem gerak manusia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 17 Jun 2017 03:44
Last Modified: 17 Jun 2017 03:44
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item