STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PAIR CHECK DAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PONTIANAK

WULANDARI, AGISTHA (2015) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PAIR CHECK DAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB 1_.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMA N 2 Pontianak pada mata pelajaran biologi masih dibawah KKM (<75), khususnya pada materi sistem imun dengan persentase ketuntasan 57,24%, sehingga dengan membandingkan dua metode dapat ditentukan metode yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar dan retensi. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan retensi siswa kelas XI MIA di SMA N 2 Pontianak antara yang diajarkan dengan menggunakan metode Pair check dan metode Mind mapping, 2) untuk mengetahui metode mana yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan retensi siswa. Bentuk penelitian menggunakan Quasi Experimental Research dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas XI MIA 4 sebagai kelas Pair check dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Mind mapping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Hasil penelitian yaitu hasil belajar di Kelas Pair check sebesar 39,38 dan kelas Mind mapping sebesar 53,43 sedangkan retensi di kelas Pair check sebesar -1,08 dan kelas Mind mapping 1,14. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan retensi siswa yang menggunakan metode Mind mapping lebih tinggi daripada hasil belajar dan retensi siswa menggunakan metode Pair check.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pair check, Mind mapping, Hasil belajar, Retensi, Sistem imun.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 17 Jun 2017 03:26
Last Modified: 06 Jun 2023 07:24
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item