ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL MITSUBISHI TYPE PAJERO DI PT. GEMILANG BERLIAN INDAH

Sabrani, Mrs. (2015) ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL MITSUBISHI TYPE PAJERO DI PT. GEMILANG BERLIAN INDAH. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1+ COVER.pdf

Download (898kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, kuesioner, dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah membeli mobil Mitsubishi Type Pajero dari PT. Gemilang Berlian Indah. Sampel yang dipilih sebanyak 100 orang responden yang telah membeli mobil Mitsubishi Type Pajero dari PT. Gemilang Berlian Indah dan berdomisili di Kota Pontianak serta masih menggunakannya dan pernah merasakan program promosi yang ditawarkan oleh perusahaan dengan pengambilan sampel secara accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang pengolahan datanya dengan SPSS for windows 17.00. Analisis regresi berganda bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi dari advertising (X1), sales promotion (X2), publicity (X3), personal selling (X4) dan direct marketing (X5) dengan keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak. Hasil analisis menunjukkan nilai persamaan regresinya adalah Y= 0,535+ 0,342X1 + 0,344X2 + 0,282X3 + 0,378X4 + 0,172X5. Nilai koefisien korelasi ganda (R) yang diperoleh dalam hasil penelitian adalah sebesar 0,875 dan hubungan antara advertising, sales promotion, publicity, personal selling dan direct marketing terhadap keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak adalah sangat kuat karena berada pada rentang 0,800-1,000. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,837. Artinya pengaruh advertising, sales promotion, publicity, personal selling dan direct marketing terhadap variasi naik turunnya keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak adalah sebesar 83,70%, dan sisanya sebesar 16,30% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pengujian Uji F diketahui nilai F hitung > F tabel ( 96,684 > 2,31), sehingga Ho ditolak, berarti bauran promosi yang terdiri dari bauran promosi yang terdiri dari advertising, sales promotion, publicity serta personal selling dan direct marketing secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai t hitung > tabel (5,031 > 1,98), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, advertising secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak. Uji parsial (uji t) nilai t hitung > tabel (4,480 > 1,98), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, sales promotion (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak (Y). Uji parsial nilai t hitung > tabel (3,138 > 1,98), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, publicity (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak (Y). Uji parsial nilai t hitung > tabel (4,492> 1,98), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, personal selling (X4) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak (Y). Uji parsial nilai t hitung > tabel (2,353 > 1,98), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, direct marketing (X5) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli mobil Mitsubishi Type Pajero di Kota Pontianak (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Keputusan Konsumen Membeli
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Sub Admin3 UM PTK
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:02
Last Modified: 05 Jun 2017 03:02
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item