ANALISIS PERBEDAAN SISTEM STARTER TEKANAN UDARA PADA KMP. MERAWAN II DAN SISTEM STARTER ELEKTRIK PADA KMP. SEMAH DI PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG PONTIANAK

APRILIANTO, RESTU (2017) ANALISIS PERBEDAAN SISTEM STARTER TEKANAN UDARA PADA KMP. MERAWAN II DAN SISTEM STARTER ELEKTRIK PADA KMP. SEMAH DI PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG PONTIANAK. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
Skripsi Restu Aprilianto.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Adanya penelitian ini dikarenakan kapal KMP. Merawan II yang menggunakan sistem starter tekanan udara sering mengalami masalah dan menggangu operasional kapal. Permasalahan sistem starter tekanan udara adalah mesin tidak hidup dikarenakan tekanan udara yang sampai ke mesin tidak mencukupi untuk menghidupkan mesin. Prosedur penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara membangdingkan dari sistem starter tekanan udara KMP. Merawan II dan sistem starter elektrik KMP. Semah di PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pontianak. Mencari perbedaanya untuk mengetahui efisiensi perbaikan ditinjau dari waktu dan biayanya. Sehingga dapat mengetahui sistem starter mana yang lebih baik untuk dipergunakan di kapal KMP. Merawan II. Berdasarkan hasil analisis data, Komponen-komponen sistem starter tekanan udara KMP. Merawan II yaitu: 1) Kompresor merek air compressor osaka japan 0,75 Kw 2) Botol angin kapasitas 30 bar 3) Distributing valve merek Yanmar distribut valve assy 736310-72400 4) Air starting valve merek Yanmar starting valve assy 735410-71100 5) Pipa udara merek Yanmar starting air main pipe assy 135355-73790. Sedangkan Komponen-komponen sistem starter elektrik di kapal KMP. Semah yaitu: 1) Baterai/aki G-force N200 Ampere 12 Volt 2) Kunci kontak merek Yanmar 3) Relay merek Yanmar Switch Battery 123310-77640 4) Motor Starter merek Yanmar Starter 126650-77011. Hasil perhitungan Torsi dari sistem starter tekanan udara KMP. Merawan II yaitu 131,7 Nm sedangkan perhitungan Torsi dari sistem starter elektrik KMP. Semah yaitu 300,3 Nm Estimasi biaya perbaikan dalam 5 tahun terakhir sistem starter tekanan udara KMP. Merawan II yaitu Rp 118.000.000.-. sedangkan estimasi biaya perbaikan sistem starter elektrik KMP. Semah yaitu Rp 70.800.000.-. Efisiensi biaya perbaikan yaitu Rp 47.200.000.- Saran dari hasil penelitian, ganti sistem starter tekanan udara KMP. Merawan II dengan sistem starter elektrik. Estimasi biaya penggantian yaitu Rp 90.200.000.-

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Starter Tekanan Udara, Sistem Starter Elektrik, Metode penelitian komparatif, KMP. Merawan II, KMP. Semah, PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pontianak
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Prodi Teknik Mesin
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 30 May 2017 20:40
Last Modified: 30 May 2017 20:40
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item