PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-KARIMA KABUPATEN KUBU RAYA

HAZIANA, 091610289 (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-KARIMA KABUPATEN KUBU RAYA. Diploma thesis, UM Pontianak.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan pendidikan karaktek toleransi yang belum optimal diajarkan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan, 1) Perencanaan penerapan pendidikan karakter toleransi pada anak usia dini di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya, 2) Pelaksanaan penerapan pendidikan karakter toleransi pada anak usia dini di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya, 3) Faktor pendukung penerapan pendidikan karakter toleransi pada anak usia dini di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya, 4) Faktor penghambat penerapan pendidikan karakter toleransi pada anak usia dini di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya, 5) Evaluasi penerapan pendidikan karakter toleransi pada anak usia dini di Kelompok B2 Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya tempat penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Karima. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan, alat yang digunakan adalah pedoman observasi guru, pedoman observasi murid dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni meningkatkan ketekunan, member check dan trianggulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) perencanaan penerapan pendidikan karakter toleransi sudah tertuang di dalam RKH. 2) dalam pelaksaanaan karakter toleransi sudah 90,5% anak mempraktekkan karaktek toleransi akan tetapi ada 9,4% yang belum bisa mempraktekkan karakter toleransi tersebut, 3) faktor pendukung penerapan pendidikan karakter toleransi yaitu dari sekolah memberikan fasilitas dan pembelajaran tentang al-hadist. 4) faktor penghambat penerapan pendidikan karakter toleransi yaitu anak belum bisa memahami kata perintah dan kata suruh dari guru. 5) evaluasi penerapan karakter toleransi yaitu guru mengamati kepribadian anak melalui catatan atau buku penilaian akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Toleransi, Karakteristik Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repository@unmuhpnk.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2016 16:52
Last Modified: 14 Dec 2016 16:52
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item