PENERAPAN METODE DEMONTRSASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS SEDERHANA ANAK USIA DINI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CITRA KARTINI PONTIANAK KOTA

PUTRI, TIARA EKA (2017) PENERAPAN METODE DEMONTRSASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS SEDERHANA ANAK USIA DINI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CITRA KARTINI PONTIANAK KOTA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB l.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Setiap bidang pengembangan pembelajaran dalam khasanah pendidikan mesti memiliki arah dan tujuan yang jelas. Menempatkan tujuan yang jelas pada setiap bidang pengembangan pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini termasuk dalam pengembangan pembelajaran sains merupakan suatu keharusan karena rumusan-rumusan tujuan tersebut dapat dijadikan standar dalam menentukan tingkat ketercapaian dan keberhasilan dari suatu program pembelajaran yang dikembangkan dan dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persiapan guru dalam menerapkan metode demonstrasi pada pembelajaran sains sederhana, (2) untuk mengetahui penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran sains sederhana, (3) untuk mengetahui faktor penghambat penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran sains sederhana dan (4) untuk mengetahui faktor pendukung penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran sains sederhana. Metode demonstrasi adalah menunjukan, mengerjakan, dan menjelaskan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Persiapan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains sederhana dapat terlaksana khususnya, Rencana Kegiatan Harian, Alat dan Bahan, Setting Lingkungan. Mengarahkan anak untuk menyebutkan nama-nama benda yang ada di sekitar, mengenal hasil pencampuran warna. Mengadakan komunikasi interaktif kapada anak untuk menggali pengetahuan awal anak tentang sains sederhana. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran sains sederhana adalah (1) kurangnya media dalam pembelajaran, (2) kurangnya pemahaman guru dalam pembelajaran sains sederhana, (3) keterbatasan guru di kelas B (4) alat pembelajaran sains sederhana hanya seadanya (5) kurangnya kemampuan pemahaman anak. Faktor pendukung dalam pembelajaran sains sederhana ada beberapa faktor utama yang sangat berpengaruh pada terlaksananya pembelajaran yaitu, guru, anak, sarana dan prasarana yaitu simpai, gambar sepatu, baju, dasi, pewarna makanan, mangkok plastik, air, pensil warna, bola sedang, garam, kopi, asam gula, gambar segi tiga, lingkaran, bujur sangkar, bola kecil, gambar sikat gigi, pasta gigi, batu kerikil, kertas dan faktor lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 29 May 2017 23:17
Last Modified: 29 May 2017 23:17
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item