ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI KELAS A2 TAMAN KANAK-KANAK BINA INSAN PONTIANAK TENGGARA

NANDASARI, RIA NOVIANTI (2017) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI KELAS A2 TAMAN KANAK-KANAK BINA INSAN PONTIANAK TENGGARA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitianini di latarbelakangi adanya penerapan pendidikan karakter religius padakegiatan pembiasaan, di sela-sela pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler di TK, sehingga peneliti ingin memperoleh data sejauh mana cara guru menerapkan atau mengaplikasikan pendidikan karakter religius kepada anak-anak khusunya kelas A2 dengan usia 4-5 tahun. Alasan peneliti memilih usia 4-5 tahun karena pada usia tersebut anak-anak sudah kenalkan dengan kegiatan seperti meniru gerakan ibadah, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, mengenal prilaku baik/sopan dan buruk, mengucapkan salam dan membalas salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Perencanaan Pendidikan Karakter Religius Di Kelas A2 Taman Kanak-kanak Bina Insan Pontianak Tenggara. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Di Kelas A2 Taman Kanak-kanak Bina Insan Pontianak Tenggara. 3) Evaluasi Pendidikan Karakter Religius Di Kelas A2 Taman Kanak-Kanak Bina Insan Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Dari data tersebut di analisis denganmenggunakanteknikpengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk pemeriksaan keabsahan data digunakan triangulasi, dan member check. Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) perencanaan dilakukan dengan memilih nilai yang diutamakan yaitu nilai keagamaan, guru mensosialisasikan keorangtua murid untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter religius di sekolah. Sedangkan dalam pembelajaran guru belum ada RKH (Rencana Kegiatan Harian) Karena terhambat kurikulum baru yang belum ditetapkan. 2) guru melakukan pelaksanaan mengintegrasikan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan ekstrakurikuler, kemudian kegiatan awal, inti, dan penutup. 3) guru melakukan evaluasi dengan cara melihat langsung pada kegiatan pembiasaan dan sholat sedangakan membaca iqro penilaian menggunakan buku prestasi santri

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Religius, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 29 May 2017 23:05
Last Modified: 29 May 2017 23:05
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item