PERDINA, SISKA (2017) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN ALAT PERAGA DI TAMAN PENGASUHAN ANAK BAITI CENDIKIA PONTIANAK. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
ISI BAB 1 .pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini berlatar belakang pada upaya peningkatan kemandirian yang dilakukan di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak. Anak- anak masih belum terbiasa untuk mandiri dalam pekerjaan sehari- hari karena guru belum menemukan metode yang sesuai dan disukai anak . Tujuan penelitian ini adalah agar dapat memberikan manfaat untuk membantu guru dalam memilih dan menerapkan metode yang tepat dalam pembelajaran. Peneliti ingin mengetahui bagaimana langkah- langkah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap pelaksanaan metode bercerita dengan alat peraga di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak. Pemecahan masalah dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa langkah- langkah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap pelaksanaan metode bercerita dengan alat peraga di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak terjadi peningkatan pada setiap siklus: Pada siklus I anak yang sudah berkembang masih 20 - 30%. Pada siklus II anak yang sudah berkembang rata- rata 50- 60%. Sedangkan pada siklus III anak yang sudah berkembang mencapai 70- 90% pada masing- masing aspek perkembangan nya. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan dalam upaya guru meningkatkan kemandirian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, metode bercerita, alat peraga |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD |
Depositing User: | Sub Admin5 UM PTK |
Date Deposited: | 29 May 2017 22:56 |
Last Modified: | 29 May 2017 22:56 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/373 |
Actions (login required)
View Item |