PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SHOLAT DHUHA MELALUI METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-KARIMA KABUPATEN KUBU RAYA

FAJARISKA, AISYA (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SHOLAT DHUHA MELALUI METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-KARIMA KABUPATEN KUBU RAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img] Text
ABSTRAK OK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I ok.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan mengetahui sejauh mana proses perencanaan, pelaksanaan, faktor penghambat dan evaluasi pembelajaran sholat dhuha yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya. Pembelajaran sholat dhuha yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya dalam pelaksanaan pembelajaran sholat dhuha belum optimal secara maksimal sehingga Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya mengadakan pelaksanaan pembelajaran sholat dhuha melalui metode praktik langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena guru menggambarkan secara faktual dan obyektif mengenai pelaksanaan pembelajaran sholat dhuha melalui metode praktik langsung pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Karima Kabupaten Kubu Raya. Hasil penelitian perencanaan adalah sebelum melaksanakan pembelajaran sholat dhuha guru terlebih dahulu mengajak anak wudhu setelah anak belajar, menyiapkan tempat buat sholat dhuha. Pelaksanaan pembelajaran sholat dhuha terdapat 84%-100% anak sudah berkembang sangat baik, mulai berkembang, dan 11%-50% anak belum berkembang. Faktor penghambat anak sulit untuk konsentrasi. Guru tidak mengevaluasi sepenuhnya, guru hanya mendampingi anak dan melatih anak membenarkan gerakan sholat yang belum bisa. Kesimpulan penelitian ini bahwa dalam perencanaan sholat dhuha guru menyiapkan tempat sholat dhuha. Pelaksanaan pembelajaran sholat dhuha guru tidak lagi mengajarkan anak cara berwudhu, tetapi guru hanya memantau perkembangan wudhu anak. Terdapat beberapa faktor penghambat yaitu masih ada anak yang terlambat mengikuti pembelajaran sholat dhuha. Evaluasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan sholat anak. This research aims to investigate and find out the planning, implementation, and evaluation of learning factors restricting Duha prayer done in Kindergarten Islam Al-Karima Kubu Raya Regency. The learning of Duha prayer conducted at Kindergarten Islam Al-Karima Regency Kubu Raya the implementation of Duha prayer learning is not optimal to the maximum so that Kindergarten Islam Al-Karima Regency Kubu Raya staged implementation of Duha prayer learning through hands-on methods. The methods of this research is Descriptive Qualitative, the teacher describe it factually and objectively regarding implementation of Duha prayer learning through hands-on methods on children aged 5-6 years at Kindergarten Islam Al-Karima Kubu Raya Regency. The results of the research planning is before implementing learning teacher Duha prayer first invited ablution after studying, preparing a place to create Duha prayer. Implentation of Duha prayer learning there are 84%-100% of children already developed good, started to develop and 11%-50% of children have not developed. Factors restricting children difficult for concentration. The teacher does not evaluate fully, the teacher only to accompany children and train children justify the prayer movements have not been able. Conclusion this study that in planning the Duha prayer is not longer a teacher teaches children how it somewhere, but only teachers monitor the development of the child’s ablution. There are several factors restricting. There are still children who are late to follow learning Duha prayers. Evalution find out the extent to which the development of thechild’s prayer.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, pelaksanaan sholat dhuha, praktik langsung Learning, implementation of Duha prayer, the practice of direct
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 18 May 2017 12:25
Last Modified: 18 May 2017 12:25
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item