IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH DALAM PERCOBAAN SINTESIS ETIL ASETAT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

Dede Setiawan, Syarif and HAIRIDA, HAIRIDA and HADIARTI, DINI (2014) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH DALAM PERCOBAAN SINTESIS ETIL ASETAT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL SYARIF DEDE KURNIAWAN.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang masih belum memahami cara merangkai alat dan bahan yang akan digunakan serta kerjasama maupun ketelitian dalam praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kemampuan kognitif sebelum dan setelah diterapkan media flash dan kemampuan afektif serta psikomotorik mahasiswa setelah diterapkan media pembelajaran berbasis flash dalam percobaan etil asetat. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental desain one group pre-test post-test dan deskriptif. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh karena mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak angkatan 2012 kurang dari 30 yaitu sebanyak 26 orang. Media flash buatan Deafirmanda, Y telah dikatakan valid dari segi materi meliputi aspek format isi dan bahasa dengan nilai kevalidan sebesar 3,15. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian kemampuan kognitif pada percobaan etil asetat sebelum diterapkan media flash sebanyak 3,84% mahasiswa berkategori cukup, sebanyak 42,3% mahasiswa berkategori kurang dan sebanyak 53,84% mahasiswa berkategori sangat kurang kemudian setelah diterapkan media flash sebanyak 80,76% mahasiswa berkategori sangat baik dan sebanyak 19,24% mahasiswa berkategori baik. Hasil kemampuan afektif mahasiswa pada percobaan etil asetat setelah diterapkan media flash adalah sebanyak 69,23% mahasiswa mendapatkan kategori kemampuan baik sekali dan sebanyak 30,77% mahasiswa mendapatkan kategori kemampuan baik. Hasil kemampuan psikomotorik mahasiswa pada percobaan etil asetat setelah diterapkan media flash adalah sebanyak 100% mendapatkan kategori kemampuan baik sekali.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media flash, percobaan etil asetat, kemampuan kognitif, kemampuan afektif, kemampuan psikomotorik.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 25 Mar 2017 22:45
Last Modified: 25 Mar 2017 22:45
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item