DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL SISWA PADA MATERI KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 2 PONTIANAK

AGUS, NURHIDAYATI and ERLINA, ERLINA and ASHARI KURNIAWAN, RIZMAHARDIAN (2014) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL SISWA PADA MATERI KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 2 PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL NURHIDAYATI AGUS.pdf

Download (539kB)

Abstract

Ilmu kimia merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh sebagian siswa karena sebagian besar materinya bersifat abstrak. Kemampuan mempelajari kimia yang bersifat abstrak ini cenderung dimiliki oleh siswa yang memiliki kemampuan berpikir formal,karena kemampuan berpikir formal akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir formal siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pontianak. Teknik pemilihan sampel yaitu dengan teknik sampling jenuh. Data diperoleh dengan tes keterampilan multipel representasi dan teskemampuan berpikir formal (KBF) sebanyak 24 soal. Siswa yang sudah mencapai kemampuan berpikir formal hanya 10,71% sisanya masih dalam berada pada berpikir transisi dan konkret, masing-masing sebesar 53,57% dan 35,71%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Deskriptif, abstrak, berpikir formal, materi kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 25 Mar 2017 17:18
Last Modified: 25 Mar 2017 17:18
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item