PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA PADA PRAKTIKUM KIMIA DASAR II

WANDARI, ENDAH and HADIARTI, DINI and PUTRA SARTIKA, RODY (2014) PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA PADA PRAKTIKUM KIMIA DASAR II. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL ENDAH WANDARI.docx

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan psikomotorik mahasiswa pada percobaan titrasi asam basa masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan kemampuan psikomotoriknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan pembelajaran dengan metode demonstrasi berbantuan video pembelajaran dan tanpa metode demonstrasi berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan psikomotorik mahasiswa pada praktikum Kimia Dasar II; (2) untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan psikomotorik mahasiswa pada praktikum Kimia Dasar II. Penelitian ini menggunakan metode True Eksperimental Design dengan design Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 34 mahasiswa dari mahasiswa program studi pendidikan kimia angkatan 2013 FKIP Universitas Muhammadiyah Pontianak. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji statistik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai kemampuan psikomotorik kelas eksperimen yaitu 94,58 lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol yaitu 78,8. Hasil analisis statistik uji t dengan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil kemampuan psikomotorik mahasiswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Besarnya pengaruh metode demonstrasi berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan psikomotorik mahasiswa dihitung dengan Effect size mendapatkan nilai ES = 1,1 dibandingkan dengan tabel z sebesar 0,3643 yang menyatakan bahwa metode demonstrasi berbantuan video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan psikomotorik mahasiswa pada percobaan titrasi asam basa praktikum Kimia Dasar II sebesar 36,43 %.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Video Pembelajaran, Kemampuan Psikomotorik, Praktikum Kimia Dasar II
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 25 Mar 2017 17:06
Last Modified: 25 Mar 2017 17:06
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item