EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENGURANGI DISTORSI KOGNITIF PADA ANAK DENGAN SINDROM ASPERGER

LESTARI, WIDYA and JATI, SRI NUGROHO (2023) EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENGURANGI DISTORSI KOGNITIF PADA ANAK DENGAN SINDROM ASPERGER. -.

[img] Text
Laporan akhir penelitian 2023.pdf - Published Version

Download (452kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman sekarang ini semakin banyak di jumpai anak-anak dengan berkebutuhan khusus. Salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang banyak ditemui yaitu dengan gangguan perkembangan perpasive diantaranya adalah asperger. Anak dengan gangguan perkembangan perpasive memiliki kekhasan tersendiri dalam berinteraksi, berkomunikasi dan berperilaku yang membedakan dengan anak normal atau gangguan lainnya. Salah satu perilaku yang biasa menyertai gangguan pada anak dengan gangguan perkembangan perpasive yaitu adanya kesalahan dalam berpikir atau distorsi kognitif. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam menurunkan distorsi kognitif pada anak dengan sindrom asperger. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen kasus tunggal dengan desain A-B-A. Analsis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu terdapat efektivitas CBT untuk menurunkan distorsi kognitif pada anak dengan sindrom asperger. Hasil persentase overlap menunjukkan 0% yang artinya semakin kecil presentasi overlap yang diperoleh maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap target perilaku. Efektivitas CBT terlihat pada fase setelah intervensi yaitu terdapat efektivitas sebesar 84,05% yang berarti bahwa pemberian intervensi efektif terhadap target perilaku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: cognitif behavioral therapy, distorsi kognitif, asperger
Subjects: - Ilmu Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Prodi Psikologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:41
Last Modified: 12 Feb 2024 02:41
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2657

Actions (login required)

View Item View Item