PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023

ALI, MOH FAJRUN (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap SMP Muhammadiyah 3 Pontianak yang mengajarkan muatan lokal wajib yaitu pembelajaran AIK (Al-Islam Kemuhammadiyahan). Tetapi peneliti melihat khususnya pada kelas VII masih banyak siswa yang kurang dalam memahami materi yang diberikan dan nilai harian yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran kemuhammadiyahan pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammadihan; 2) Langkah-langkah Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammadiyahan; 3) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammadiyahan. Metode penelitian ini adalah Naturalistik yang menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan). Tempat dilaksanakannya penelitian adalah SMP Muhammadiyah 3 Pontianak dimana subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru Kemuhammadiyahn dan 5 siswa kelas VII Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Subyek penelitian ini merupakan guru mata pelajaran kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 3 Pontianak. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Kemuhammadiyahan sudah terlaksanana dengan cukup baik. Pelaksanaan yang dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh guru. Penyampaian materi yang dilakukan oleh guru menggunakan 3 metode yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi. Penggunaan metode pembelajaran yang beragam guna menyesuaikan tingkat pemahaman peserta didik yang bervariasi. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran berfungsi agar guru bisa menilai apakah pelaksanaan yang dilakukan sudah baik atau tidak dan berguna untuk pengembangan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan kedepannnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Perancanaan, Pelaksanaan,
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:17
Last Modified: 01 Nov 2023 04:17
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item View Item