ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGGUNA JASA JENIS PEMERIKSAAN KIMIA KLINIK DI LABORATORIUM KESEHATAN DAERAH KABUPATEN SINTANG

FATMAWATI, SRI (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGGUNA JASA JENIS PEMERIKSAAN KIMIA KLINIK DI LABORATORIUM KESEHATAN DAERAH KABUPATEN SINTANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di laboratorium kesehatan daerah kabupaten sintang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survei, yaitu penelitian yang diambil suatu sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang menjadi konsumen pada laboratorium kesehatan daerah kabupaten sintang. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangggapan responden terhadap kualitas pelayanan pada laboratorium kesehatan daerah kabupaten sintang menunjukkan responden tanggapan sangat baik (+), dimana pada skor ServQual (gap) rata-rata dimensi layanan adalah (0,14), Sedangkan Nilai Gap Terbesar Pada Dimensi Keandalan (Reliability) yaitu (0,17) terdapat pada jam buka pelayanan tepat waktu, petugas menjalankan tujuan mengenai tindakan yang akan dilakukan secara detail, kemudahan dalam proses mengurus administrasi pelayanan, memberikan hasil pemeriksaan tepat waktu. Dan nilai (gap) terendah adalah (0,1) yaitu dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) dan Empati (Empathy). Dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh laboratorium kesehatan daerah kabupaten sintang kepada konsumen sangat baik. Ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan laboratorium kesehatan daerah kabupaten sintang harus terus dipertahankan dan dikemukakan beberapa saran yang dirasa dapat berguna bagi laboratorium kesehatan kabupaten sintang antara lain, hendaknya selalu mendengarkan keluhan dari pengguna jasa dan selalu memberikan layanan yang prima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Laboratorium kesehatan daerah Kabupaten Sintang
Subjects: - Ilmu Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen K. Sintang
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:46
Last Modified: 20 Nov 2023 02:46
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2424

Actions (login required)

View Item View Item