LEARNERS’ PERCEPTION OF THE USE OF LOCAL-BASED DIGITAL STORYTELLING ON LEARNING RESILIENCE AND LEARNING AUTONOMY

YULIAN, RYANI and RUHAMA, UFI and YUNIARTI, YUNIARTI (2023) LEARNERS’ PERCEPTION OF THE USE OF LOCAL-BASED DIGITAL STORYTELLING ON LEARNING RESILIENCE AND LEARNING AUTONOMY. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 12 (1). pp. 7-14. ISSN P-ISSN: 2089-3027, e-ISSN: 2541-2264

[img]
Preview
Text
1 - Artikel Lengkap.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 - Hasil Cek Plagiasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang penggunaan digital storytelling berbasis muatan lokal terhadap ketahanan belajar dan kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan melibatkan 30 mahasiswa yang dipilih dengan purposive sampling untuk menggali persepsi pada mata kuliah English for Communication in Academic Settings. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa menganggap penggunaan digital storytelling berbasis muatan lokal sangat memotivasi dan berguna untuk ketahanan belajar dan kemandirian belajar. Mereka berpendapat perlunya lebih banyak penggunaan digital storytelling berbasis muatan lokal dalam pembelajaran bahasa Inggris. Mereka berpendapat akan pentingnya ketahanan dalam mengatasi kesulitan belajar. Mahasiswa percaya bahwa penggunaan digital storytelling berbasis muatan lokal meningkatkan kreativitas, pemikiran kritis, dan retensi informasi, sehingga memperkuat hubungan antara pengalaman kehidupan nyata dan pengetahuan akademis. Aspek kolaboratif dan partisipatif dari penggunaan digital storytelling berbasis muatan lokal meningkatkan pembelajaran mandiri mahasiswa dan kepemilikan otonomi pembelajaran. Penelitian yang menggali persepsi pembelajar dapat berguna untuk mengartikulasikan ide-ide mereka tentang proses pembelajaran bahasa yang berkaitan dengan strategi pembelajaran, kekuatan dan kelemahan dalam proses belajar Bahasa Inggris. Hasil penelitian juga dapat membantu pendidik bahasa untuk mempromosikan inklusivitas di kelas dengan memberikan wawasan tentang kualitas individu pembelajar. -- The study aimed to examine the learners’ perception of the use of local-based digital storytelling on learning resilience and learning autonomy. Perceived ideas were purposively taken from 30 learners who experienced a local-based digital storytelling-making process in an English for Communication in Academic Settings class. The findings of the study revealed that learners perceived digital storytelling as highly motivating and useful for learning resilience and learning autonomy. They indicated a need for more local-based digital storytelling in their language learning, recognizing its value in understanding the necessity of resilience in overcoming adversities. Learners believe that digital storytelling practice improves their creativity, critical thinking, and information retention, hence strengthening the connections between real-life experiences and academic knowledge. The collaborative and participatory aspect of digital storytelling enhances students' self-learning and ownership of learning autonomy. Examining learners’ perceptions can be useful to articulate their ideas about the language learning process related to learning strategies, strengths and weaknesses to improve. It can also assist language educators to promote inclusivity in the classroom by providing insight into the individual qualities of learners.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: muatan lokal, digital, storytelling, ketahanan belajar, kemandirian belajar, persepsi, local-based, digital, storytelling, learning resilience, learning autonomy, perception
Subjects: - Ilmu Manajemen
- Kesehatan Masyarakat
- Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 26 Sep 2023 11:08
Last Modified: 26 Sep 2023 11:08
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item View Item