ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN PAKET POS OPTIMA PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG PONTIANAK

FACHRI, HELMAN (2010) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN PAKET POS OPTIMA PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG PONTIANAK. Technical Report. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK, FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
1. Bukti Kinerja - Pos - Upload.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kepuasan konsumen pada jasa pengiriman paket pos optimal pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Pontianak, khususnya dimensi kualitas jasa yaitu yang terdiri dari variabel - vaariabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Variabel - variabel tersebut digunakan untuk menganalisis kepuasan konsumen pada jasa pengiriman paket pos optimal pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada jasa pengiriman paket pos optima pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Pontianak. Manfaat penelitian ini diantaranya adalah: langkah awal dalam pengembangan keilmuan bagi penulis, informasi dan bahan masukan bagi perusahaan, dan menambah wawasan serta manfaat untuk bahan referensi bagi penelitian karya ilmiah. Metode peneliatian menggunakan metode survey, dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara,kuesioner, dan studi dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 orang dengan teknik purposive sampling, teknik analisis data secara kualitatif diubah kedalam kuantitatif melalui diagram kartesius. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa puas dengan pelayanan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Pontianak dengan rata-rata tingkat kepuasan sebesar 3,91 dan nilai rata-rata tingkat kepentingan 4,34 dimensi kualitas jasa pelayanan yang paling memuaskan pelanggan adalah dimensi jaminan dan bukti fisik, dimana sebagian besar penilaian responden berada pada kuadran B, yang artinya kepentingan dan kepuasan konsumen berada pada tingkat tinggi dan sesuai dengan keinginan konsumen. Dimensi kualitas jasa pelayanan yang masih berada pada kuadran A yang artinya konsumen belum merasa puas maka harus lebih ditingkatkan oleh perusahaan. Sedangkan dimensi kualitas jasa pelayanan yang berada pada kuadran C dan D dimana kepentingan konsumen berada pada tingkat rendah pelaksanaannya dianggap biasa saja walaupun konsumen merasa puas karena dianggap tidak terlalu penting.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Dimensi Kualitas Jasa Pelayanan.
Subjects: - Ilmu Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:03
Last Modified: 13 Jul 2023 03:03
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item