PENGARUH STRATEGI INTERACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 7 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 NANGA PINOH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

DARMAWAN, FAUZI (2023) PENGARUH STRATEGI INTERACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 7 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 NANGA PINOH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru kurang menguasai beberapa strategi penyajian materi yang menarik dan efektif, pemilihan metode kurang relevan dengan tujuan pelajaran dan materi pelajaran, guru kurang terampil dalam menggunakan metode. Penelitian ini membahas masalah tentang: 1) Bagaimana hasil belajar sebelum menerapkan strategi interactive learning mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas 7 di SMP Muhammadiyah 2 Nanga Pinoh tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana hasil belajar sesudah menerapkan strategi interactive learning mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas 7 di SMP Muhammadiyah 2 Nanga Pinoh tahun pelajaran 2022/2023, 3) Apakah ada pengaruh strategi interactive learning terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas 7 di SMP Muhammadiyah 2 Nanga Pinoh tahun pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini mengetahui tentang; 1) hasil belajar sebelum menerapkan strategi interactive learning mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas 7 di SMP Muhammadiyah 2 Nanga Pinoh tahun pelajaran 2022/2023; 2) hasil belajar sesudah menerapkan strategi interactive learning mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas 7 di SMP Muhammadiyah 2 Nanga Pinoh tahun pelajaran 2022/2023; 3) pengaruh strategi interactive learning terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas 7 di SMP Muhammadiyah 2 Nanga Pinoh tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperiment dan bentuk penelitiannya menggunakan Pre-experimental designs (nondesigns). Teknik dan alat pengumpulan menggunakan teknik pengukuran/tes, observasi langsung dan dokumentasi. Rumus yang digunkana dalah presentase, uji t dan SPSS 2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebelum menerapkan strategi interaktif learning yang tergolong baik sebanyak 3 orang siswa (25%), tergolong cukup baik sebanyak 4 orang siswa (33%), dan tergolong kurang ada 5 orang siswa (42%), 2) sesudah menerapkan strategi interaktif learning yang tergolong sangat baik sebanyak 1 orang siswa (8%), tergolong baik sebanyak 8 orang siswa (67%), dan tergolong cukup baik ada 3 orang siswa (25%), 3) proses membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Interactive Learning Terhadap Hasil Belajar.
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:54
Last Modified: 26 Jul 2023 03:54
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item