FACHRI, HELMAN (2013) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa Rita Salon Pontianak. Project Report. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak.
|
Text
6. Laporan Akhir Penelitian - Rita Salon.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rita Salon Pontianak merupakan suatu usaha yang bergerak dalam bidang kecantikan di Kota Pontianak, dalam menjalankan usahanya Rita Salon menggunakan bauran pemasaran jasa atau yang biasa disebut 7P. Bauran pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis suatu usaha, apabila perusahaan dapat menggunakan bauran pemasaran dengan tepat dan akurat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan Rita Salon Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang menggunakan jasa Rita Salon Pontianak. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan sebagai berikut: pernah menggunakan jasa Rita Salon Pontianak minimal 2 kali, berumur 20 sampai 50 tahun dan konsumen melakukan sendiri transaksi pembayaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa Rita Salon Pontianak. Analisis yang digunakan adalah analisis SPSS 18.0 for windows untuk mempermudah dalam mengolah dan menginterprestasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang menggunakan jasa Rita Salon Pontianak sebagian besar berjenis kelamin perempuan, berumur 20-29 tahun, tingkat pendidikan SMA, bekerja sebagai pegawai swasta, memiliki penghasilan Rp 3.000.000,00 - Rp 3.999.999,00, dan frekuensi kunjungan 7-12 kali per tahun. Hasil uji determinan (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,495. Uji koefisien korelasi (R) menunjukkan nilai 0,703. Uji analisis F secara parsial terhadap 7 variabel independent yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. F tabel yang diperoleh adalah sebesar 2,10. Hal ini menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (12,865 > 2,10) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Uji analisis t secara parsial terhadap 7 variabel independent yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasilnya ada diantaranya berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian ada juga yang tidak yaitu: produk (-1,089 < 1,980) yang secara nyata tampak tidak berpengaruh secara parsial, harga (-1,269 < 1,980) yang secara nyata tampak tidak berpengaruh secara parsial, tempat (1,027 < 1,980) yang secara nyata tampak tidak berpengaruh secara parsial, promosi (5,382 > 1,980) yang secara nyata tampak berpengaruh secara parsial, orang (1,471 < 1,980) yang secara nyata tampak tidak berpengaruh secara parsial, proses (0,773 < 1,980) yang secara nyata tampak tidak berpengaruh secara persial, dan bukti fisik (2,816 > 1,980) yang secara nyata tampak berpengaruh secara parsial.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | - Ilmu Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 15:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 15:16 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2258 |
Actions (login required)
View Item |