Analisis kepuasan pelanggan harian Tribun Pontianak

FACHRI, HELMAN (2012) Analisis kepuasan pelanggan harian Tribun Pontianak. Project Report. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak.

[img]
Preview
Text
3. Laporan Akhir Penelitian - HARIAN TRIBUN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui persepsi yang mendorong konsumen untuk berlangganan surat kabar harian Tribun Pontianak Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti suatu status kelompok manusia, suatu subjek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskriptif, gambar, atau lukisan secara sistematik, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli surat kabar Harian Tibun Pontianak. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang berlangganan surat kabar Harian Tribun Pontianak. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah secara kualitatif berdasarkan data yang diperoleh hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden. Kuesioner dibuat untuk menjawab dua informasi pokok yaitu informasi tentang kepuasan dan kepentingan skala likert. Hasil penelitian diperoleh Variabel tangible (bukti fisik) berada di kuadran B, yang dapat diartikan variabel tersebut merupakan variabel yang berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen, dan pelaksanaannya oleh PT. Kapuas Media Grafika sudah dianggap baik dan wajib dipertahankan. Variabel Reliability (keandalan) berada di kuadran C, yang dapat diartikan variabel tersebut merupakan variabel yang dianggap kurang penting bagi konsumen. Sehingga pelaksanaannya oleh PT. Kapuas Media Grafika masih belum memuaskan. Variabel Emphaty (kepedulian) berada di kuadran D, yang dapat diartikan variabel tersebut dianggap kurang penting. Sehingga pelaksanaannya oleh pihak PT. Kapuas Media Grafika terlalu berlebihan. Hal ini menunjukan bahwa responden puas terhadap pelayanan dan produk PT. Kapuas Media Grafika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: - Ilmu Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 01 Jul 2023 14:59
Last Modified: 01 Jul 2023 15:12
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item