Pengaruh Citra Merek Minuman Ringan Bersoda Coca-Cola terhadap Loyalitas Konsumen pada PT Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Pontianak

FACHRI, HELMAN (2011) Pengaruh Citra Merek Minuman Ringan Bersoda Coca-Cola terhadap Loyalitas Konsumen pada PT Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Pontianak. Project Report. LPPM Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
1. Laporan Akhir Penelitian - Coca-Cola.pdf - Accepted Version

Download (868kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada konsumen minuman ringan bersoda merek Coca-Cola di Kota Pontianak ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek minuman ringan bersoda Coca-Cola terhadap loyalitas konsumen pada PT Coca-Cola Amatil Indonesia Cabang Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data dan informasi. Populasi yang digunakan adalah semua konsumen yang pernah membeli minuman ringan bersoda merek Coca-Cola di berbagai tempat, baik supermarket, mini market, maupun toko-toko atau warungwarung kecil di Kota Pontianak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan pertimbangan konsumen yang memiliki sikap positif terhadap merek minuman ringan bersoda Coca-Cola, memiliki komitmen terhadap merek minuman ringan bersoda Coca-Cola, bersedia melakukan pembelian ulang, berusia di atas 17 tahun, dan pernah mengkonsumsi merek ini minimal 3 kali. Oleh karena itu, jumlah sampel yang digunakan berdasarkan pertimbangan tersebut berjumlah 100 orang yang akan diambil secara proporsional di 6 kecamatan di Kota Pontianak. Hasil pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner akan dianalisis secara kualitatif maupun kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis citra merek dan loyalitas konsumen terhadap minuman ringan bersoda merek Coca-Cola di Kota Pontianak. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui pengaruh citra merek minuman ringan bersoda Coca-Cola terhadap loyalitas konsumen yang dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan pengolahan datanya menggunakan Program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kualitatif, citra merek minuman ringan bersoda Coca-Cola di mata konsumen di Kota Pontianak sudah sangat baik, sehingga mereka sangat loyal dengan minuman ringan bersoda merek Coca-Cola. Secara kuantitatif, citra merek minuman ringan bersoda merek Coca-Cola memiliki hubungan yang kuat dengan loyalitas konsumen karena nilai korelasi (r) yang diperoleh adalah sebesar 0,708. Kontribusi citra merek minuman ringan bersoda merek Coca-Cola dalam mempengaruhi naik turunnya loyalitas konsumen adalah sebesar 50,10%, sedangkan sisanya sebesar 49,90% dipengaruhi oleh faktor di luar penelitian. Hasil hipotesis menggunakan uji t juga menunjukkan bahwa citra merek minuman ringan bersoda Coca-Cola memiliki hubungan atau pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen di Kota Pontianak, karena nilai t hitung > t tabel (9,925 > 1,980)

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: - Ilmu Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: S.IP., MA Dwi Cahyo Prasetyo
Date Deposited: 01 Jul 2023 14:29
Last Modified: 01 Jul 2023 14:29
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item