EFEKTIVITAS METODE TOKEN KIMIA TERHADAP HASIL DAN RETENSI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X MAN 3 PONTIANAK

SARAH, MAI (2019) EFEKTIVITAS METODE TOKEN KIMIA TERHADAP HASIL DAN RETENSI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X MAN 3 PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil dan retensi belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran sistem periodik unsur disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam menghapal tabel sistem periodik unsur dan kurangnya pemberian reward pada saat siswa sudah mampu menghapal tabel sistem periodik unsur. Diperlukan metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam menghapal tabel sistem periodik unsur. Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan metode token kimia untuk mengetahui perbedaan hasil dan retensi belajar beserta efektivitasnya di kelas X MAN 3 Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan rancangan control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan kelas X MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, observasi, dan wawancara, sedangkan alat pengumpulan data yaitu tes hasil dan retensi belajar, lembar observasi serta lembar wawancara. Hasil penelitian dengan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebesar 0,442. Perbedaan retensi belajar antara siswa yang diajarkan dengan dan tanpa menggunakan metode token kimia melalui uji UMann Whitney sebesar 0,003. Pembelajaran dengan metode token kimia memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 22,91% (sedang), dan retensi belajar siswa selama 10 hari sebesar 36,86% (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian, metode token kimia dinilai lebih efektif dalam meningkatkan hasil dan retensi belajar siswa dengan kriteria sedang dan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode token kimia, retensi, sistem periodik unsur
Subjects: - Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:31
Last Modified: 21 Jun 2023 03:31
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2232

Actions (login required)

View Item View Item