FACHRI, HELMAN and HARIYANTO, DEDI and Midun, Midun PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA LISA QUEEN LAUNDRY PONTIANAK. Jurnal Produktivitas (JPRO). p. 29. ISSN 2355-1038
|
Text (Artikel Publikasi)
24.pdf - Published Version Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
2. Hasil Cel Similiarity.pdf - Published Version Download (254kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan menggunakan jasa Lisa Queen Laundry Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang menggunakan jasa Lisa Queen Laundry Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Purposive sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan sebagai berikut: pernah mengunakan jasa Lisa Queen Laundry Pontianak minimal 2 kali, dan konsumen melakukan pembayaran atas nama sendiri. Adapun untuk menghasilkan kesimpulan dari penelitian ini digunakan analisis data, yaitu: regresi linier berganda, koefisien korelasi (r), koefisien determinasi (r2), uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t) dengan menggunakan software SPSS versi 18.0 untuk mempermudah dalam mengolah dan menginterpretasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang menggunakan jasa Lisa Queen Laundry Pontianak sebagian besar berjenis kelamin laki-laki, berumur 16-25 tahun, tingkat pendidikan SMA-Mahasiswa, tidak bekerja, dan memiliki penghasilan Rp.1.000.000,00 - Rp. 2.999.999,00. Hasil analisis korelasi (r) diperoleh nilai sebar 0,800 yang artinya bahwa bauran pemasaran dan loyalitas pelanggan mempunyai keterkaitan yang sangat kuat karena nilai korelasi berada di interval 0,800 – 1.000. Sedangkan hasil dari koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilainya sebesar 0,640, yang artinya R2 bahwa pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan menggunakan jasa Lisa Queen Laundry Pontianak adalah 64%. Untuk uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya secara simultan bauran pemasaran berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan menggunakan jasa Lisa Queen Laundry Pontianak dan untuk uji t (secara parsial) variabel dari bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan menggunakan jasa Lisa Queen Laundry Pontianak adalah variabel produk nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, tempat yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan untuk variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel harga yaitu nilai signifikansi sebesar 0,419 > 0,05, promosi yaitu nilai signifikansi sebesar 0,489 > 0,05, orang yaitu nilai signifikansi sebesar 0,538 > 0,05, proses yaitu nilai signifikansi sebesar 0,503 > 0,05 dan bukti fisik yaitu nilai signifikansi sebesar 0,356 > 0,05.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Loyalitas, Lisa Queen Laundry |
Subjects: | - Ilmu Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Admin 2 |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 07:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 05:01 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2224 |
Actions (login required)
View Item |