PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PEMAKAIAN LIPSTIK WARDAH DI KOTA PONTIANAK

FACHRI, HELMAN and YASMIN, DEVI and Marnia, Marnia PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PEMAKAIAN LIPSTIK WARDAH DI KOTA PONTIANAK. Jurnal Produktivitas (JPRO). ISSN 2355-1038

[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
23.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Hasil Cel Similiarity.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra merek (brand image) lipstik wardah terhadap loyalitas konsumen di Kota Pontianak”. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel citra merek (X) dan variabel loyalitas konsumen (Y). Teknik pengumpulan data untuk data primer adalah observasi, Wawancara, Koesioner sedangkan untuk data sekunder menggunakan teknik studi dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah semua wanita yang mengkonsumsi atau yang menggunakan Lipstik Wardah di Kota Pontianak, dan yang dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Regresi Linier Sederhana, Korelasi (r), Koefisien Determinasi dan Uji Kelayakan Model (Uji F). Hasil persamaan regresi linier sederhana diketahui Ŷ = 4,005 + 0,243 X. Koefisien regresi (a) sebesar 4,005 menerangkan bahwa apabila brand image lipstik Wardah bernilai 0(nol), maka loyalitas konsumen di Kota Pontianak sebesar 4,005. Nilai koefisien regresi b = 0,243 artinya jika nilai brand image meningkat sebesar 1 (satu) satuan maka nilai loyalitas konsumen akan meningkat sebesar 0,243 satuan. Nilai r atau koefisien korelasinya sebesar = 0,430, menunjukkan bahwa hubungan antara semua variabel bebas dengan variabel terikat adalah cukup kuat. Artinya jika citra merek (brand image) meningkat maka loyalitas konsumen juga akan meningkat. Dari hasil koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai sebesar 0,185. Hasil ini berarti 18,5% loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variabel brand image, sedangkan sisanya atau sebesar 81,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji kelayakan model (Uji F) menunjukkan nilai F hitung lebih besar dari signifikan tingkat keyakinan 0,05, maka model regresi linier sederhana tersebut tidak dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas konsumen di Kota Pontianak yang dipengaruhi oleh brand image lipstik Wardah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kosmetik, Citra Merek, Loyalitas Konsumen, Wardah
Subjects: - Ilmu Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:18
Last Modified: 17 Jul 2023 05:02
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2223

Actions (login required)

View Item View Item