ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN TASERNA PADA KANTOR CABANG UTAMA PT. BANK KALBAR

FACHRI, HELMAN and YASMIN, DEVI and Markani, Markani ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN TASERNA PADA KANTOR CABANG UTAMA PT. BANK KALBAR. Jurnal Produktivitas (JPRO). p. 26. ISSN 2355-1038

[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
21.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Hasil Cel Similiarity.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap loyalitas nasabah tabungan Taserna pada Kantor Cabang Utama PT Bank Kalbar. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Tabungan Taserna yang masih aktif di Kantor Cabang Utama PT Bank Kalbar. Dalam hal ini sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang masih aktif menggunakan Tabungan Taserna di Kantor Cabang Utama PT Bank Kalbar. Nasabah yang dijadikan sampel minimal melakukan satu kali transaksi dalam 1 bulan serta sudah menjadi nasabah lebih dari 3 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang pengolahan datanya dengan SPSS for windows 17.00. Analisis regresi sederhana bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap loyalitas nasabah tabungan Taserna pada Kantor Cabang Utama PT Bank Kalbar. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi sederhana (R) yang diperoleh adalah sebesar 0,868. Jika nilai ini dibandingkan dengan nilai R seperti yang terdapat pada tabel pedoman dan diinterprestasi terhadap nilai R, maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara atribut produk (X) terhadap loyalitas nasabah tabungan Taserna pada Kantor Cabang Utama PT. Bank Kalbar Pontianak (Y) adalah sangat kuat karena 0,868 berada pada rentang 0,800-1,000 artinya jika nilai atribut produk meningkat maka nilai loyalitas nasabah juga akan meningkat. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,753. Artinya pengaruh atribut produk tabungan Taserna terhadap variasi naik turunnya loyalitas nasabah pada Kantor Cabang Utama PT. Bank Kalbar Pontianak adalah sebesar 75,30%, dan sisanya sebesar 24,70% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Pengujian uji kelayakan model (Uji F) ini menunjukkan nilai 298,679 (F hitung) > 3,09 (F tabel). Sedangkan nilai signifikansi F tersebut 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa model regresi sederhana dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas nasabah yang dipengaruhi oleh atribut produk tabungan Taserna pada Kantor Cabang Utama PT. Bank Kalbar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk, Loyalitas Nasabah, Tabungan, PT. Bank Kalbar
Subjects: - Ilmu Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:04
Last Modified: 17 Jul 2023 04:56
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item