PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)TERHADAPHASIL BELAJAR PADA MATERISTRUKTUR ATOM SISWA KELAS XSMA NEGERI 10PONTIANAK

Hasibuan, Israwati (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)TERHADAPHASIL BELAJAR PADA MATERISTRUKTUR ATOM SISWA KELAS XSMA NEGERI 10PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu dibawah nilai KKM ≥ 70 dan bertujuan mengetahui besarnya pengaruh penggunaaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan yang diajarkan menggunakan model konvensional siswa kelas kelas X SMA Negeri 10 Pontianak pada materi struktur atom sub materi proton, neutron, elektron dan isotop, isobar, isoton. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental) dengan rancangan penelitian Control Group PretestPosttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA sebagai kelas kontrol dan XB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara dan testhasil belajar siswa berbentuk essay. Hasil uji statistik menggunakan uji U-Mann Whitneydengan α = 5% diperoleh probabilitas <0,05 yang berarti Ho ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Pontianak pada materi struktur atom sub materi proton, neutron, elektron dan isotop, isobar, isoton. Besarnya pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi struktur atom sub materi proton, neutron, elektron dan isotop, isobar, isoton terhadap hasil belajar siswa yang dihitung dengan Effect Size sebesar 0,431 yang dikategorikan sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) memberikan pengaruh dikategorikan sedang terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 10 Pontianak pada pada materi struktur atom sub materi proton, neutron, elektron dan isotop, isobar, isoton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar, struktur atom.
Subjects: - Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:10
Last Modified: 14 Jun 2023 04:10
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item