UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS SEDERHANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PERINTIS KUALA DUA

Cholifah, Nur and Jati, Sri Nugroho and Sudarti, Sudarti (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS SEDERHANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PERINTIS KUALA DUA. Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD.

[img]
Preview
Text
JURNAL NUR CHOLIFAH.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tentang kejadian atau fenomena yang biasa terjadi dilingkungan sekitar yang belum optimal. Anak-anak lebih dituntut untuk mendengarkan pembelajaran yang diberikan oleh guru melalui metode bercerita atau ceramah saja, dibandingkan guru memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan berbagai eksplorasi terhadap suatu kegiatan yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Serta kurangnya pengetahuan anak mengenai fenomena alam dan rendahnya kemampuan anak dalam berfikir terhadap suatu kejadian yang biasa dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif dalam pembelajaran khususnya anak kelas B usia 5-6 tahun. Untuk keperluan tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran metode eksperimen sains sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam empat tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, siklus I tema Gejala Alam dengan subtema Mencari Benda Menggunakan Magnet. Siklus II dengan tema Gejala Alam dan subtema Makanan Ajaib. Siklus III dengan tema Gejala Alam dan subtema Balapan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian tindakan kelas ini adalah data yang diperoleh dari subjek penelitian yang terdiri dari satu guru, dan 14 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan kognitif anak dalam menyebutkan benda yang dapat ditarik oleh magnet, menjelaskan sebab akibat dari kegiatan yang dilaksanakan, mengetahui apa itu magnet, menjelaskan benda yang dapat ditarik oleh magnet, menerapkan permainan dengan benar dan menghitung benda yang dapat ditarik oleh magnet melalui pembelajaran metode eksperimen tindakan siklus I meningkat sebesar 22,02%, siklus II sebesar 41,66% dan tindakan siklus III mengalami peningkatan sebesar 83,33%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Metode Eksperimen, Sains Sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin3 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:51
Last Modified: 23 Mar 2017 10:51
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item