PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JARUMIA (JAM RUMUS KIMIA) PADA SUB MATERI TATA NAMA SENYAWA BINER DI SMA NEGERI 1 TEKARANG

SEPONSAH, ECA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JARUMIA (JAM RUMUS KIMIA) PADA SUB MATERI TATA NAMA SENYAWA BINER DI SMA NEGERI 1 TEKARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Rendahnya pengetahuan dari hasil belajar siswa pada sub materi tata nama senyawa biner kelas X MIA di SMA Negeri 1 Tekarang disebabkan kesulitan dan kebingungan siswa dalam menuliskan penamaan pada tata nama senyawa biner. Oleh karena diperlukan suatu media memudahkan siswa memahami konsep tata pembelajaran yang nama senyawa kimia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Jarumia pada sub materi tata nama senyawa biner kelas XI di SMA Negeri 1 Tekarang yang valid dan praktis. Instrumen yang digunakanyaitulembarvalidasi dan angketrespon guru dan siswa. JenispenelitianiniadalahResearch and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran Jarumia yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 0,93 dengan kriteria tinggi. Persentase hasil angket respon uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama masing-masing sebesar 89,74% dan 85,45% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran jarumia yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi tata nama senyawa khususnya pada sub materi senyawa biner

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Jarumia, media pembelajaran, tata namasenyawa biner.
Subjects: - Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:01
Last Modified: 14 Jun 2023 04:01
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item