PENINGKATAN KARAKTER MANDIRI ANAK KELOMPOK B MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 PONTIANAK TENGGARA

SAPARIAH, SAPARIAH (2017) PENINGKATAN KARAKTER MANDIRI ANAK KELOMPOK B MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 PONTIANAK TENGGARA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II=IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kemampuan anak masih belum optimal kurang kemandirian dalam menentukan pilihan, kurang tanggung jawab dalam menyelesaikan percobaan, kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapat. Guru belum efektif menggunakan media pembelajaran dalam mengenal sains sehingga anak belum memahami berbagai peristiwa sains. Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan Peningkatan Karakter Mandiri Anak Kelompok B Melalui Pembelajaran Sains Di Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian Tindakan kelas ada 25 anak usia 5-6 tahun. Prosedur penelitian yang digunakan rancangan penelitian Siklus I, II, III. Teknik Analisis Data ada dua yaitu tahap pertama menyeleksi dan mengelompokkan, kedua dengan memaparkan atau mendeskripsikan data. Indikator Kinerja dalam penelitian adalah mengukur keberhasilan pelaksanaan guru dan anak. Teknik Pemeriksaan dan Keabsahan Data yang digunakan yaitu: Triangulasi dan Member Check. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa Peningkatan Karakter Mandiri Anak Kelompok B Melalui Pembelajaran Sains Di Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Pontianak Tenggara mengalami peingkatan sebesar 84%. Kesimpulannya adalah Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Peningkatan Karakter Mandiri Anak Kelompok B Melalui Pembelajaran Sains Di Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Pontianak Tenggara telah telaksana dengan baik dan mengalami Peningkatan Pembelajaran sebesar 84%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Mandiri, Pembelajaran Sains.
Subjects: - Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:00
Last Modified: 08 Jun 2023 04:00
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item