MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK AL MUJAHIDIN SEKADAU HULU

ARYANI, RISA (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KELAS DI TAMAN KANAK-KANAK AL MUJAHIDIN SEKADAU HULU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (854kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan dibimbing oleh guru yang berbeda pada setiap kelompok dalam satu kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Manajemen Pembelajaran Kelas di Taman Kanak-Kanak Al Mujahidin Sekadau Hulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran di TK Al Mujahidin Sekadau Hulu terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), Program Semester dan Program Tahunan yang dikerjakan oleh masing-masing guru kelompok. Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri atas tiga proses kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir/penutup, pada saat kegiatan inti pembelajaran dilakukan dengan model kelompok, anak-anak terfokus pada aspek keagamaan, seperti belajar sholat dan membaca surat-surat pendek, sehingga lulusan dari TK tersebut anak-anak sudah bisa bacaan sholat. Tahap yang ketiga adalah evaluasi, yaitu guru dalam memberikan penilaian pada anak dengan bentuk penilaian hasil karya anak serta penilaian perkembangan yang meliputi 6 (enam) aspek dan tercantum di raport serta dibagikan setelah anak lulus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran Kelas
Subjects: - Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:22
Last Modified: 07 Jun 2023 03:22
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item