PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT PONTIANAK

YADDAK, LENY LAZZIKA (2016) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT PONTIANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan peran bimbingan guru dalam pengembangan pendidikan akhlak di taman kanak-kanak muslimat Pontianak, oleh karena itu peranan guru sangat membantu dalam pengembangan pendidikan akhlak anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peran guru dalam pengembangan pendidikan akhlak pada anak usia 5-6 tahun melalui di Taman Kanak- kanak Muslimat Pontianak. 2) Pelaksanaan peran guru dalam pengembangan akhlak anak pada usia 5-6 tahun di Taman Kanak- kanak Muslimat Pontianak. 3) faktor apa saja yang menjadi hambatan dan pendukung guru dalam pengembangan pendidikan akhlak anak pada usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Muslimat Pontianak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena guru menggambarkan secara faktual dan obyektif. Mengenai peran guru dalam pengembangan pendidikan akhlak pada anak usia 5-6 di Taman Kanak-Kanak Muslimat Pontianak berdasarkan kenyataan di lapangan hasil dari pembelajaran sholat dhuha melalui metode praktek langsung pada anak usia 5-6 tahun guru harus menyiapkan perencanaan dan melakukan persiapan-persiapan sebelum sholat sehingga pelaksanaan pembelajaran sholat dapat terlaksana secara tersusun dengan baik. Pada pelaksanaan pembelajaran sholat dhuha pada anak usia 5-6 tahun adalah cara wudhu sudah benar,anak tidak kesulitan mengikuti gerakan sholat dan tidak kesulitan menghapal bacaan sholat terdapat 84%-100% anak sudah berkembang sangat baik dan mulai berkembnang. Sedangkan semua anak melaksanakan pembelajaran sholat dhuha anak mengikuti gerakan sholat dhuha dengan tertib terdapat 11%-50% anak belum berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Pengembangan Sholat Dhuha.
Subjects: - Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 29 May 2023 07:25
Last Modified: 29 May 2023 07:25
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item View Item