ANALISIS HAMBATAN GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SEKADAU PADA MASA PANDEMI COVID-19

ANDANI, YUNITA FITRIA (2021) ANALISIS HAMBATAN GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SEKADAU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

Hambatan guru biologi dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring selama pandemic Covid-19 dapat dikelompokan menjadi aspek faktor internal dan eksternal yaitu dengan indikator hambatan fisik, psikis, pendidik (guru), fasilitas, dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan guru dan siswa pada pembelajaran biologi di SMA N 1 Sekadau Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil angket dan wawancara didapatkan hasil bahwa secara umum penghambat yang paling dirasakan oleh guru adalah indikator psikis rata-rata 33,3% dengan kriteria sangat menghambat. Penghambat yang paling dirasakan oleh siswa adalah indikator psikis rata-rata 34,2% dengan kriteria sangat menghambat. Berdasarkan penelitian yang di dapat bahwa hambatan guru dan siswa pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Sekadau pada masa pandemi Covid-19 dengan kriteria sedang. Secara umum, penghambat yang paling di rasakan guru ialah afektif, kuota internet, kognitif, buku/referensi dan penyampaian materi. penghambat yang dirasakan siswa ialah kuota internet, akses internet, afektif, kognitif dan penyampaian materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hambatan, pembelajaran biologi, pandemi covid-19
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:00
Last Modified: 06 Jun 2023 07:00
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item