ANDANI, YUNITA FITRIA (2021) ANALISIS HAMBATAN GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SEKADAU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.
|
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version Download (242kB) | Preview |
|
Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
Abstract
Hambatan guru biologi dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring selama pandemic Covid-19 dapat dikelompokan menjadi aspek faktor internal dan eksternal yaitu dengan indikator hambatan fisik, psikis, pendidik (guru), fasilitas, dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan guru dan siswa pada pembelajaran biologi di SMA N 1 Sekadau Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil angket dan wawancara didapatkan hasil bahwa secara umum penghambat yang paling dirasakan oleh guru adalah indikator psikis rata-rata 33,3% dengan kriteria sangat menghambat. Penghambat yang paling dirasakan oleh siswa adalah indikator psikis rata-rata 34,2% dengan kriteria sangat menghambat. Berdasarkan penelitian yang di dapat bahwa hambatan guru dan siswa pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Sekadau pada masa pandemi Covid-19 dengan kriteria sedang. Secara umum, penghambat yang paling di rasakan guru ialah afektif, kuota internet, kognitif, buku/referensi dan penyampaian materi. penghambat yang dirasakan siswa ialah kuota internet, akses internet, afektif, kognitif dan penyampaian materi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hambatan, pembelajaran biologi, pandemi covid-19 |
Subjects: | - Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Muhammadiyah Pontianak |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 07:00 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 07:00 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
View Item |