PERBEDAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA TAMAN MULIA KUBU RAYA

WIRANTO, SUTRISNO (2020) PERBEDAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA TAMAN MULIA KUBU RAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text
BAB II-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

Rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kritis disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif dan tidak berpusat kepada siswa. Model pembelajaran konvensional dapat membuat siswa menjadi pasif yang akan menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk itu dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peneliti menggunakan model discovery learning dan problem based learning, model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena dalam pembelajaran membuat siswa aktif dalam kelas melalui diskusi dan memecahkan masalah serta pembelajaran berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan untuk menentukan metode yang paling efektif antara model pembelajaran discovery learning dan problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Taman Mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Perhitungan uji- t, nilai gain model pembelajaran Discovery Learning sebesar 52,43 sedangkan rata – rata nilai gain model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 42,14 dan hasil dari perhitungan uji – t sebesar 0,001 < 0,05. Model pembelajaran Discovery Learning sebesar 0,73 dan N-Gain model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 0,54.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Discovery Learning, Problem Based Learning
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 25 May 2023 03:26
Last Modified: 25 May 2023 03:26
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item View Item