PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA MICROSOFT POWER POINT (PPT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGAI KAKAP

ALBERT, LORENSIUS (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA MICROSOFT POWER POINT (PPT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGAI KAKAP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

[img]
Preview
Text
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (35MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III DAN IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Penerapan metode belajar yang cenderung menonton, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Sungai Kakap, salah satu materi yang belum mencapai KKM adalah materi ekosistem. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Microsoft Power Point pada materi ekosistem di SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental Design dengan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U-Mann Whitney menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar yaitu 0.003 < 0.05, hal ini menunjukkan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Sedangkan perhitungan Effect Size memberikan pengaruh persentase hasil belajar sebesar 47.4% tergolong besar. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Microsoft Power Point pada materi ekosistem di SMP Negeri 3 Sungai Kakap dengan nilai Effect Size (ES) 0.8 tergolong tinggi. Hal memiliki perbedaan yang signifikan dan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Microsoft Power Point, hasil belajar, materi ekosistem.
Subjects: - Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin 2
Date Deposited: 17 May 2023 03:04
Last Modified: 17 May 2023 03:04
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item