PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

Hamzah, Dede (2015) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK. FAKULTAS EKONOMI.

[img]
Preview
Text
JURNAL DEDE HAMZAH.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Memasuki millenium ketiga, tantangan dan persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Paradigma persaingan yang dulunya bersifat material atau physical assets telah bergeser menuju persaingan perkembangan pengetahuan. Dengan demikian, perguruan tinggi memiliki peran dan kewajiban yang besar untuk meningkatkan kualitas lulusan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan pengetahuan. Globalisasi telah mendorong timbulnya persaingan yang sangat kompetitif dalam dunia jasa pendidikan perguruan tinggi saling berlomba untuk mengembangkan seluruh potensi dan kemampuannya guna menarik minat calon mahasiswa. Kemampuan bersaing tersebut sangat dipengaruhi oleh kinerja manajemen perguruan tinggi bersangkutan dalam merencanakan strategi yang berorientasi pada upaya membangun daya saing yang tinggi. Universitas Muhammadiyah Pontianak (UNMUH Pontianak) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan Barat yang terletak di Kota Pontianak, beberapa strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh kampus ini, seperti produk yang berupa jurusan, lulusan UNMUH Pontianak dan program pendidikan S1, untuk harga Universitas Muhammadiyah Pontianak memberikan kemudahan untuk mahasiswa Muhammadiyah yaitu berupa SPP dan uang gedung bisa di cicil, dengan cara membayar langsung lewat keuangan Universitas Muhammadiyah ataupun membayar lewat bank yang sudah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah, untuk tempat Universitas Muhammadiyah berada dititik perkotaan Jl. Ahmad Yani Kota Pontianak No. 111, dari segi promosi Universitas Muhammadiyah Pontianak mempunyai lembaga yang khusus mempromosikan perguruan tinggi UNMUH Pontianak yaitu Badan Kerjasama dan Promosi (BKP), seperti seringkali mengadakan acara seminar dan kegiatan mahasiswa yang terjung langsung ke masyarakat seperli KKU yang dibawahi oleh LPPM, dari segi orang Universitas Muhammadiyah Pontianak mensyaratkan seluruh dosen diharuskan minimal pendidikan S2 sesuai dengan ketentuan Dikti, dimana Dosen tetap Fakultas Ekonomi UNMUH Pontianak berjumlah 9 orang, 3 orang staf, 17 orang dosen tidak tetap dan 6 orang dosen tetap diluar prodi, dari segi proses pelayanan mahasiswa diberikan kemudahan untuk mahasiswa dimana Universitas Muhammadiyah menyediakan lembaga khusus pelayanan terhadap mahasiswa yaitu BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan), dan bukti fisik seperti gedung UNMUH Pontianak yang kurang memadai dan parkir sendiri Universitas Muhamamdiyah sendiri masih perlu lahan yang luas untuk menampung kendaraan para mahasiswa dimana masih banyak mahasiswa yang memarkirkan kendaraannya di jalan Sepakat 2 bahkan dan didalam yang disediakan oleh kampus tidak bisa menampung semua kendaraan mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:30
Last Modified: 23 Mar 2017 10:30
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item