UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO MELALUI KEGIATAN COOKING CLASS DI PENDIDIKAN ANAK USA DINI KASIH IBU PONTIANAK TENGGARA

Norsanti, Norsanti and Muntaha, Muntaha and Sudarti, Sudarti (2014) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO MELALUI KEGIATAN COOKING CLASS DI PENDIDIKAN ANAK USA DINI KASIH IBU PONTIANAK TENGGARA. Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD.

[img]
Preview
Text
JURNAL NORSANTI.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang 1) Perencanaan guru dalam pelaksanaan metode bermain peran makro melalui kegiatan cooking class untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak Tenggara, 2) Pelaksanaan pembelajaran metode bermain peran makro melalui kegiatan cooking class untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak Tenggara, 3) Peningkatan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak Tenggara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas A Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontinak. Langkah-langkahnya terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang masing-masing terdiri atas dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan setelah diadakan analisis data, maka secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode bermain peran makro melalui kegiatan cooking class dapat meningkatkan keterampilan sosial anak dilihat dari hasil penelitian dari tindakan siklus I ke II meningkat sebesar 25,11%, sedangkan peningkatan siklus II ke III mengalami peningkatan sebesar 35,53%

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Bermain Peran Makro, Cooking Class
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin3 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:24
Last Modified: 23 Mar 2017 10:24
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item