Anggraini, Nanik Fitria (2014) PENGARUH METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK – KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK. Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD.
|
Text
JURNAL NANIK FITRIA ANGGRAINI.pdf Download (581kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang perilaku prososialnya masih kurang baik. Hal ini dikarenakan guru di sekolah mengajarkan perilaku prososial hanya menggunakan penejlasan secara lisan atau metode tanya jawab saja, sehingga menyebabkan anak tidak mengerti dan merasa bosan dengan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode storytelling yang digunakan berpengaruh untuk meningkatkan perilaku prososial anak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah anak laki – laki dan anak perempuan. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, data pre-test dan post-test dilakukan dengan perhitungan uji-t dengan hasil t-hitung sebesar -11,393 dan t-tabel sebesar -2,119. Berdasarkan hipotesisi jelas bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel ini berarti terdapat pengaruh metode storytelling terhadap peningkatan perilaku prososial anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode storytelling, perilaku prososial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD |
Depositing User: | Sub Admin3 UM PTK |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 10:21 |
Last Modified: | 23 Mar 2017 10:21 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/208 |
Actions (login required)
View Item |