UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SAAT MAKAN BERSAMA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B3TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK

Lusiyana, Lusiyana (2014) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SAAT MAKAN BERSAMA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B3TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 PONTIANAK. Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan: Prodi Pendidikan PG PAUD.

[img]
Preview
Text
JURNAL LUSIYANA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang terjadi di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari I Pontianak saat proses pelaksanan makan bersama 10 dari 28 anak belum menunjukan sikap disiplin saat makan. Sikap tersebut terlihat : 1) anak masih bermain pada saat makan 2) anak belum bisa membereskan tempat makannya, 3) berbicara pada saat makan, 4) anak berlari-lari pada saat anaknya sedang makan. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang langkah-langkah perencanaan guru dalam pelaksanaan metode demonstrasi, pelaksanaan kegiatan metode demonstrasi dan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan disiplin saat makan pada anak usia dini 5-6 tahun kelompok B3 di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari I Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenisnya penelitian tindakan kelas. Langkah-langkahnya terdiri atas: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang masing-masing terdiri atad dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentase. Data penelitian diperoleh dari guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan disiplin saat makan bersama melalui metode demonstrasi pada anak usia dini kelompok B3 Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari I Pontianak telah berhasil. Siklus I dengan nilai rata-rata 19,45%, siklus II dengan nilai rata-rata 44,27% mengalami peningkatan 24,83% dan siklus 3 dengan rata-rata 75.78% mengalami peningkatan sebesar 56,53% dari siklus sebelumnnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Perkembangan Disiplin Saat Makan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin3 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:13
Last Modified: 23 Mar 2017 10:13
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item