UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MELENGKAPI HURUF DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU PONTIANAK

Yuliana, Yuliana (2014) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MELENGKAPI HURUF DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH IBU PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL YULIANA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak di PAUD Kasih Ibu Pontianak yang kemampuan bahasa anak dalam mengenal huruf masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan pembelajaran dalam mengenal huruf. Fokus penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan melengkapi huruf pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu Pontianak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan melengkapi huruf menjadi kata. Metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan setiap siklus adanya peningkatan kemampuan membaca anak pada siklus I rata-rata meningkat yaitu 27,27 %, sedangkan siklus II rata-rata meningkat 62,5 %, dan siklus III rata-rata meningkat 90,90 %. Dari hasil penelitian tersebut maka Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Melengkapi Huruf di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Ibu Pontianak disimpulkan berhasil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca, Anak, Melengkapi huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:06
Last Modified: 23 Mar 2017 10:06
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item