PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN MIKRO DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH BUNDA PONTIANAK

Purwanti, Titik and Somantri, Elin B and Sudarti, Sudarti (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN MIKRO DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH BUNDA PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL TITIK PURWANTI.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bermain peran mikro yang dipelajari di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Bunda Pontianak. Kemampuan berbicara anak-anak disekolah ini belum optimal, ini dilihat pada saat kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, di mana terdapat sebagian anak tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana dari guru seperti: guru bertanya apa saja yang dipelajari hari ini, sebagian anak tidak merespon pertanyaan yang diberikan guru, anak cenderung diam. Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang langkah-langkah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bermain peran mikro di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Bunda Pontianak. Pemecahan masalah dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK dilaksanakan dengan 3 siklus yang berhungungan satu sama lain dan siklus selanjutnya merupakan perbaikan dari siklus sebelumnya. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni member check dan triangulasi Penelitian ini dilakukan dikelompok A dengan jumlah anak sebanyak 27 anak yang terdiri dari 16 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Hasil penelitian dapat disimpulkan langkah-langkah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap persiapan dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bermain peran mikro di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Bunda Pontianak. Terjadi peningkatan pada setiap siklus, ini dilihat pada siklus 1 peningkatan keterampilan berbicara pada anak sebesar 24%, dan terus mengalami pada siklus ke II keterampilan berbicara pada anak sebesar 66,66% dan siklus ke III keterampilan berbicara pada anak sebesar 85,18%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, metode bermain peran mikro
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:03
Last Modified: 23 Mar 2017 10:03
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item