UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGGUNTING BERPOLA DI KELOMPOK B2 DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TIMUR

Suryawati, Suryawati and Jati, Sri Nugroho and Diana, Diana (2014) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI MENGGUNTING BERPOLA DI KELOMPOK B2 DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BINA EMPAT LIMA PONTIANAK TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL SURYAWATI.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur. (2) Mengetahui hasil perkembangan motorik halus anak pada kelompok B2 melalui menggunting berpola di Taman Kanak-kanak Islam Bina Empat Lima Pontianak Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif jenisnya tindakan penelitian kelas (PTK), yang dilaksanakan beberapa Refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus tindakan yang saling berkaitan. Satu siklus terdiri dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi teknik observasi, wawancara dan teknik studi dokumentasi. Data yang diperoleh dari subjek penelitian terdiri dari 21 orang anak. Hasil penelitan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B2 melalui kegiatan menggunting berpola yaitu pada siklus I anak yang belum berkembang (BB) 16,66%, anak yang mulai berkembang (MB) 43,16% dan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 41,66%. Pada siklus ke II terjadi peningkatan pada anak yang belum berkembang, sehingga anak yang belum berkembang (BB) 21,51%, anak yang mulai berkembang (MB) 24,45% dan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 54,04%. Pada siklus ke III, terjadi peningkatan yang anak yang belum berkembang (BB) 9,37%, anak yang mulai berkembang (MB) 14,63% dan anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) 75,98%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik Halus, Menggunting Berpola
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:57
Last Modified: 23 Mar 2017 09:57
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item