MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BOLA-BOLA ANGKA DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI GEMILANG PONTIANAK

SUNARTI, SRI and HERIANSYAH, HERIANSYAH and Diana, Diana (2014) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BOLA-BOLA ANGKA DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI GEMILANG PONTIANAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL SRI SUNARTI.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak-anak disana sebagian masih belum mampu menghitung angka dengan tepat, yaitu dalam menjumlahkan angka. Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran ditingkat PAUD Gemilang Pontianak seringkali kurang menarik bagi anak. Ada beberapa hal yang menyebabkan demikian, diantaranya adalah penyajian yang kurang menarik, dan alat peraga yang sangat minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dalam bentuk PTK. Tempat penelitian di PAUD Gemilang Pontianak. Pengumpulan data dengan teknik: observasi dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah lembar observasi dan dukumentasi. Hasil penelitian (1) Upaya meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung melalui permainan bola-bola angka di PAUD Gemilang Pontianak, telah memberikan hasil yang memuaskan. Hal tersebut terbukti dari rekapitulasi penilaian kemampuan anak dalam berhitung menggunakan metode bola-bola angka. (2) berdasarkan penelitian, pengamatan dan penerapan perbaikan pembelajaran berhitung yang peneliti lakukan pada kelompok A PAUD Gemilang Pontianak, ternyata menimbulkan dampak yang sangat positif bagi peningkatan kemampuan anak dalam berhitung permulaan. Disarankan: (1) Bagi siswa diharapkan agar metode bermain bola-bola angka selalu dipakai dalam pembelajaran berhitung permulaan (2) Diharapkan kepada kepala sekolah dapat menerapkan metode bola-bola angka menjadi salah satu kurikulum Tingkat satuan pendidikan dalam pengembangan pembelajaran berhitung (3) Mengingat pelaksanaan penelitian ini tentunya masih banyak terdapat kekurangan, maka peneliti atau guru lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapatkan temuan-temuan yang lebih kompleks dan memuaskan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Bola-Bola Angka, Meningkatkan Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:51
Last Modified: 23 Mar 2017 09:51
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item