PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF BALOK HURUF DALAM MENGENAL ABJAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA PONTIANAK SELATAN (Studi Kasus Pada Anak Kelas B2)

Humairah, Siti and Jati, Sri Nugroho and Sudarti, Sudarti (2014) PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF BALOK HURUF DALAM MENGENAL ABJAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA PONTIANAK SELATAN (Studi Kasus Pada Anak Kelas B2). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
JURNAL SITI HUMAIROH.pdf

Download (154kB)

Abstract

Latar belakang dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca anak masih belum optimal karena media yang masih jarang digunakan sebagai sarana belajar anak dikelas. Penggunaan media dalam permainan seharusnya dapat mendukung aktivitas belajar anak terutama dalam mengajarkan membaca pada anak. Rumusan masalah 1). Adakah pengaruh penerapan permainan edukatif balok huruf terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak di Taman Kanak-kanak Pembina Selatan. 2). Apakah anak mengalami perubahan dalam kemampuan membaca melalui penerapan permainan balok huruf. Tujuan 1.Mengetahui pengaruh penerapan permainan edukatif balok huruf terhadap kemampuan membaca anak, 2. Mengetahui hasil kemampuan membaca anak melalui alat permainan edukatif balok huruf. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan jenis pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui nilai dari rata-rata pre test adalah 44, sedangkan nilai post test adalah 76 dengan selisih angka 32. Hasil dari penelitian berdasarkan data pre test dan post test dengan hasil permainan edukatif balok huruf melalui program SPSS dengan hasil t hitung adalah -26,944 sedangkan t tabel N = 5 pada taraf kepercayaan 2,132 dengan hasil tersebut berarti terdapat pengaruh dari permainan edukatif balok huruf dalam mengenal abjad terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelas B2 setelah diberikan perlakuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukatif, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin5 UM PTK
Date Deposited: 23 Mar 2017 09:48
Last Modified: 23 Mar 2017 09:48
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item